Proyek Speaker Subwoofer Komputer 2.1

Saya akan membuat speaker system 3 channel buat komputer. Speaker driver yang akan saya gunakan adalah driver yang ada pada Altec Lansing CS45.1. Satellite-nya mungkin akan saya ganti atau modifikasi, karena frekuensi treblenya kurang mantap bila tanpa tweeter.

Driver Yang Digunakan

Rencananya untuk woofer saya akan menggunakan woofer Altec Lansing A3728 yang bersuara bagus. Untuk satelit-nya saya belum yakin, bergantung pada amplinya. Bila amplinya hi-end, maka satelitnya juga harus bagus. Bila amplinya sebatas IC, mungkin menggunakan satelit standard tanpa menggunakan tweeter

Ampli Yang Digunakan

Bila rencananya menggunakan ampli hi-end saya akan menggunakan ampli kelas-A, dengan aluminium pendingin di bagian belakang subwoofer. Kemungkinan mini-Aleph (atau menggunakan konsep feedback-nya Aleph), karena ampli ini efisiensinya tinggi untuk ukuran ampli kelas-A.

Bila menggunakan ampli berbasis IC, saya ingin menggunakan STK 4101 soalnya ampli ini hanya 6W, sangat cocok untuk audio komputer. IC ini adalah versi hi-grade dari Sanyo, lebih saya sukai daripada LM3875 (Gainclone) dan seri hi-grade lainnya dari National (Overture series).

Untuk subwoofer, mungkin akan menggunakan TDA7294, tergantung bagaimana kualitas hasil akhirnya dibandingkan ampli-ampli lainnya.

Active Crossover

Crossover tentu saja akan berbasis op-amp. Ada banyak opamp yang saya punya, dari yang antik sampai yang berkaki emas.

Kapan Selesainya?

Mungkin tahun depan hehehe

 

Leave a Reply

